Senin, 10 November 2008

PERSIAPAN PSB 2009


Kekompakan kita untuk menjadikan sekolah unggulan yang diminati dan diinginkan para siswa, merupakan sesuatu yang harus kita bangun. Sementara usaha memajukan sekolah mesti dilakuakan secara bertahap, dan berkelanjutan, salah satunya adalah dengan mensukseskan PSB.

STRATEGI SUKSES PSB
Terdapat dua strategi agar PSB pada sekolah kita mendapatkan siswa sesuai yang kita inginkan yaitu intern dan ekstern.
A. Strategi intern :
1. Meningkatkan kualitas siswa.
Hal ini bisa dilakukan dengan selalu berusaha meningkatkan mutu pengajaran, les tambahan bagi siswa kelas akhir, serta membekali siswa dengan berbagai keterampilan terapan, dan selalu meningkatkan praktik keagamaan dan kedisiplinan siswa.
2. Memperbaiki ruang kelas, kantor dan sarana pra sarana sekolah.
Langkah ini bisa dilakukan dengan berbagai hal, diantaranya melakukan renovasi ruangan, pengecetan, pembuatan taman, yang pada prinsipnya menjadikan penampilan sekolah menjadi lebih menarik.
3. Menampilkan pengelola sekolah yang menarik.
Penampilan yang menarik bisa dilakukan dengan meningkatkan kualitas pelayanan, kedisiplinan, pemakaian seragam yang sopan dan sesuai dengan citra sekolah, serta rasa kekeluargaan yang tinggi.

B. Strategi ekstern :
1. Pembuatan brosur
.
Brosur berisi profil sekolah secara ringkas, padat dan jelas. Usahakan brosur dibuat semenarik mungkin. Karena brosur akan mewakili dan menggambarkan sekolah. Ketika orang melihat brosur, ketika itu pula dia membaca dan menilai kualitas kita.
2. Spanduk.
Spanduk yang baik, dapat menarik orang untuk membacanya. Buatlah spanduk yang menyolok. Berisi tulisan singkat yang menggambarkan tentang sekolah. Misalnya berisi visi dan misi sekolah, serta program-program unggulan sekolah.
3. Bantuan komite sekolah.
Sampaikan permasalahan sekolah, selanjutnya mintalah saran agar permasalahan tersebut dapat dipecahkan bersama.
4. Mengadakan berbagai jenis perlombaan yang diminati siswa.
Sosialisasi sekolah dapat pula dilakukan dengan mengadakan perlombaan antar sekolah, yang diadakan di sekolah.
Mengadakan kegiatan yang melibatkan masyarakat sekitar sekolah. Misalnya, bakti sosial, peringatan tujuh belasan, pembagian zakat dan daging kurban.
5. Menginformasikan profil sekolah lewat radio, koran ,majalah atau media masa lainnya.

(kang O3dy)

Tidak ada komentar: